Siang hingga Malam: Dari Sosialisasi Anti Hoax, Layanan Kesehatan dan Psikososial

Suara gemuruh dan dentuman menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Dusun Waynuru Desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah karena kerap terjadi. Laporan tersebut ditindaklanjuti dengan kegiatan sosialisasi anti hoax kebencanaan dan layanan kesehatan serta layanan psikososial yang digelar di lokasi kawasan pengungsian perbukitan Dusun Waynuru pada Jumat (6/12).

Tidak tanggung-tanggung tim yang terdiri dari BPBD Provinsi, BPBD Kabupaten Maluku Tengah, LIPI kantor Maluku, Pemuka Agama, tim kesehatan Puskesmas setempat dan rombongan BNPB hadir dan memulai kegiatan dari siang hingga malam hari. Pada kesempatan tersebut perwakilan LIPI menyampaikan aspek ilmiah proses terjadinya gempa, sedangkan Pemuka Agama Ustad Arsal Tuasikal menyampaikan pendekatan agama untuk memperkuat mental warga secara umum. Anak-anak dan ibu-ibu pun mendapat dukungan motivasi berupa pemutaran video edukasi bencana, permainan dan hiburan serta berlatih relaksasi sederhana mengurangi trauma panik suara gemuruh gempa.

Rombongan BNPB yang terdiri dari Komunitas artis NKRI, dan Relawan Yayasan Lapan Maluku,  menyasar anak-anak dengan aksi permainan dan hiburan. Khusus kepada ibu-ibu melalui  mitra praktisi motivator Samantha Consulting and Training dilaksanakan terapi emotional freedom technique. Kepala Dusun Waynuru bapak Lajanu mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan  kepada tim yang sudh hadir dari siang hingga malam.

“ Terimakasih sekali, alhamdulillah atas kegiatan yang sudah didorong oleh BNPB, BPBD serta lembaga lain dapat hadir disini” ujar Lajanu.

Direktur Penanganan Pengungsi BNPB Johny Sumbung menegaskan kegiatan yang digelar merupakan bentuk komitmen pemulihan yang akan terus dilaksanakan dengan peran BNPB mendorong, mendampingi dan menguatkan elemen percepatan penanggulangan bencana di provinsi Maluku.

“ BNPB tetap berkomitmen mendorong unsur di daerah pada situasi transisi ke pemulihan membantu masyarakat dan pengungsi di Provinsi maluku” terang Johny.