Berita Lowongan Kerja Terbaru
Perkembangan Hoax Di Maluku Masih Normal

AMBON - Perkembangan berita bohong (Hoax) di Maluku dan Kota Ambon terkait dengan proses politik menyongsong Pemilukada 15 Februari 2017 masih normal saja atau tidak ada pengaruhnya, karena masyarakat Maluku dan Kota Ambon sudah pandai berpolitik dan menganut budaya Pela Gandong.

Walaupun demikian masyarakat di Maluku dan Kota Ambon diminta untuk selalu waspada terhadap berita hoax yang mungkin saja muncul di medsos,"kata Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku Roy Halattu di Ambon, Rabu (11/1/2017).

Menurut Halattu, tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini adalah tantangan dari media sosial (medsos) dan media online, yang sering menyampaikan berita-berita bohong (hoax) yang dapat mengganggu ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Terkait dengan berita hoax atau berita bohong kita harus bisa mengklasifikasi, karena berita hoax itu terdapat unsur provokasi atau adu domba yang mengarah kepada unsur SARA, Teroris, Politik dan sebagainy.

Dikatakan, medsos merupakan tantangan yang lebih dasyat saat ini sehingga sebagai warga negara kita harus lebih bijak dan dapat mengklasifikasi semua berita yang muncul di medsos.

Dia berharap, masyarakat Maluku tidak boleh terprovokasi dengan berita-berita hoax yang sengaja dimainkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, serta kita harus pandai dan bijaksana dalam mengklasifikasi berita-berita yang muncul di medsos dan media online yang ada di daerah seribu pulau ini.

"Intinya adalah NKRI adalah harga mati, sehingga apapun berita yang disampaikan ke publik harus dicermati dengan baik dan bijaksana,"ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Hasan Malawat Kepala Bidang Telematika Dinas Kominfo Provinsi Maluku di Ambon, Rabu (11/1/2017). Masyarakat Maluku dan Kota Ambon selalu dihimbau untuk memanfaatkan Internet Sehat dengan benar dalam mengakses semua informasi lewat Media Sosial (Medsos), untuk menangkal adanya berita bohong (Hoax)," Menurutnya, Pemerintah Pusat menyediakan fasilitas internet untuk masyarakat di Maluku guna dapat mengakses semua perkembangan informasi di daerah ini, namun harus secara sehat dan jangan mengarah kepada provokatif.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Maluku sudah melaksanakan program Desiminasi Informasi Internet Sehat yaitu bagaimana masyarakat di Maluku dapat menggunakan fasilitas internet secara sehat dan benar.

Selama tahun 2016 lalu program Desiminasi Informasi Internet Sehat sudah dilaksanakan oleh Diskominfo Maluku kepada masyarakat di beberapa Desa, Sekolah dan Pondok Pesantren.


Dikatakan, dengan menggunakan mobil keliling Internet pihaknya sudah melakukan sosialisasi Internet Sehat di Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah dan beberapa kecamatan di Kota Ambon.

Tujuan desiminasi informasi Internet Sehat adalah mengajak masyarakat untuk menggunakan internet secara benar, dan kewenangan untuk memblokir konten pada media sosial yang nakal ada pada Menkominfo RI jika ada laporan masyarakat, sedangkan Diskominfo Maluku tidak mempunyai kewenangan itu.

Sudah ada tim terpadu di Menkominfo RI yang bekerjasama dengan Polri dalam menangani Situs-situs nakal, sementara di Maluku dalam waktu dekat baru akan dibentuk tim terpadu dimaksud.(TM02)

 

Read 498 times Last modified on Wednesday, 11 January 2017 07:06

Iklan Layanan Masyarakat

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

GPR

 

INFO BMKG

Top