Berita Lowongan Kerja Terbaru
Presiden Serahkan 4.500 Sertifikat Tanah untuk Warga

Ambon, 14 Februari 2018 - Penyerahan 4.500 Seritifikat Tanah kepada Warga Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah diserahkan oleh Presiden Joko Widodo, yang belokasi di Desa Hatu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

Sebanyak 2.500 Sertifikat Tanah kepada warga kota Ambon, dan 2.000 sertifikat tanah kepada warga Kabupaten Maluku Tengah. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil melaporkan bahwa dari 2.658.921 bidang tanah yang ada di Provinsi Maluku, baru sekitar 14 persen atau 381.925 bidang tanah yang bersertifikat. Dan untuk tahun 2017 telah diserahkan sebanyak 44.000 Sertifikat Tanah kepada Warga Maluku, sementara untuk tahun 2018 target Kementrian Agraria dan Tata Ruang adalah sebanyak 50.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Maluku.

Presiden Jokowi tak henti-hentinya mengingatkan kepada masyarakat mengenai pentingnya memiliki sertifikat hak atas tanah guna menghindari sengketa lahan dan tanah yang sering kali terjadi di masyarakat.

"Karena setiap saya ke daerah, ke provinsi, ke desa, enggak di Sumatra, enggak di Kalimantan, enggak di Sulawesi, enggak di sini (Maluku), enggak di Papua, sama saja keluhan yang masuk ke telinga saya masalah sengketa lahan, masalah sengketa tanah," ujarnya dari keterangan resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Rabu (14/2/2018) malam.

Dengan banyaknya keluhan tersebut juga menjadi alasan Kepala Negara untuk memberikan target tahun ini kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang agar menerbitkan dan menyerahkan tujuh juta sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di seluruh Tanah Air.

"Kerja memang harus memakai target. Kalau tidak, nanti 500 ribu terus yang keluar. Berarti 150 tahun lagi rakyat menunggu yang namanya sertifikat. Saya tidak mau kerja dengan cara-cara itu. Saya akan cek terus," ungkapnya.

Presiden juga berpesan kepada masyarakat penerima sertifikat untuk menjaga dan menyimpan sertifikat yang dimiliki di tempat yang aman. Selain itu, Beliau juga meminta mereka untuk melakukan kalkulasi terlebih dahulu bila ingin mengagunkan sertifikatnya di bank.

"Silakan ini dipakai jaminan ke bank, dipakai untuk agunan ke bank, tapi hati-hati saya titip dihitung dulu bisa mencicil tidak setiap bulan? Bisa mengangsur tidak setiap bulan? Kalau ndak, jangan!," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Preseiden Joko Widodo juga membagi-bagikan sepeda kepada tiga warga yang bisa menjawab pertanyaan dari Beliau, yaitu menghafal Pancasila, tujuh Suku di Indonesia dan tujuh Pulau di Indonesia.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam acara tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Maluku Said Assagaff. (*)

 

Read 496 times Last modified on Friday, 16 February 2018 16:46

Iklan Layanan Masyarakat

asiangames2018.id
Website Asean Games 2018
Logo Asean Games
Mengintip Makna Logo Asian Games 2018

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

GPR

 

INFO BMKG

Info Cuaca dan gelombang
23 - 25 Juli 2018
 

INFO GEMPA

 

 
 
INF BMKG-BPBD-STAKEHOLDER
Top