Berita Lowongan Kerja Terbaru
Gubernur: Maluku Fokus Sektor Kesehatan, Pendidikan dan Pariwisata

AMBON - Gubernur Maluku Said Assagaff mengungkapkan, ke depan Maluku akan fokus pada pengembangan sektor Kesehatan, Pendidikan dan Pariwisata.

Pernyataan tersebut disampaikan Assagaff saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan Dokter Lulusan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pattimura (Unpatti) Angkatan I, dari Pemerintah Provinsi Maluku kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, berlangsung di Kantor Gubernur Maluku, Senin (17/7).

Dia menyebut, kehadiran Fakultas Kedokteran di Unpatti, merupakan salah satu faktor penunjang sektor kesehatan di daerah ini.

"Karena itu, saya siap jika ada yang mau ambil S2, kita siapkan anggarannya," ujarnya.

Assagaff mengaku, sangat bangga, saat dirinya menjadi Gubernur, Fakultas Kedokteran hadir di Maluku, tepatnya di Universitas Pattimura Ambon.

Menurut Assagaff, kebutuhan tenaga dokter di Maluku besar sekali. Dari catatan yang ada, mestinya setiap 100.000 penduduk harus bisa dilayani oleh 40 tenaga dokter umum. Tapi di Maluku, baru 12 dokter umum melayani 100.000 penduduk.

Oleh karena itu, dia berharap lahir banyak dokter dari Fakultas Kedokteran Unpatti. Sebab dengan kehadiran Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di kawasan Poka - Rumah Tiga Ambon, serta Rumah Sakit Siloam di kawasan Tantui Ambon, diyakininya, tenaga dokter akan banyak sekali dibutuhkan.

"Kemarin rapat dengan Menteri Kesehatan, saya minta supaya RSUP type A, tapi beliau bilang Pak Gubernur, type A itu agak sulit untuk Maluku karena dibutuhkan puluhan dokter spesialis," tuturnya.

Karena itu menurut Assagaff, kita memulainya dengan type B dulu, tapi area yang sidah disiapkan itu untuk type A nantinya. Sehingga 10 atau 20 tahun kemudian, untuk ikut perkembangan, kita tidak sulit lagi.

Pada kesempatan tersebut, Assagaff menyampaikan mengapresiasinya kepada Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun, yang pertama kali meminta para dokter lulusan dari Fakultas Kedokteran Unpatti, untuk bertugas di sana.

"Saya berharap, para bupati dan walikota lainnya di Provinsi Maluku, bisa mengikuti jejak Bupati Maluku Tenggara ini," tandasnya.

Sementara itu, Rektor Unpatti M.J. Sapteno katakan, meskipun pembangunan Fakultas Kedokteran cukup lama, namun pelaksanaannya dari tahun 2008 sampai tahun 2012, sudah menghasilkan dokter itu hal yang luar biasa, yang patut disyukuri.

"Perlu saya sampaikan bahwa walaupun tahun 2008 kita baru mulai dengan Fakultas Kedokteran, tapi di tingkat nasional, kita berada di urutan 33 dari 70 Fakultas Kedokteran dari Universitas Negeri," ungkap Sapteno.

Hal itu, menurutnya, dibuktikan dengan tes kompetensi internasional. Pertama, tes 28 orang, lulus 14 orang atau 50 persen. Ada yang lain itu, cuma 9 persen dari tes internasional.

"Tes internasional itu perguruan tinggi seperti UGM, UI, Unpad, Unair, Unpatti dan ribuan universitas swasta lainnya, soal tesnya sama, tidak beda," paparnya.

Ini menunjukkan, lanjut Sapteno, anak-anak dari Fakultas Kedokteran Unpatti, kemampuannya tidak diragukan.

"Dengan demikian, penyerahan anak-anak kita ini ke Kabupaten Maluku Tenggara, saya yakin mereka bisa sangat bermanfaat, Pak Bupati," tandas Sapteno.

Dan hal yang luar biasa, menurut Sapteno, tadi dirinya mendapat bisik-bisik dari Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun, bahwa mereka akan disekolahkan untuk mengambil spesialisasi. Janji yang sama juga disampaikan Gubernur Assagaff.

Sapteno katakan, sering dia menyampaikan kepada para dokter tersebut, bahwa wilayah Maluku ini terdiri dari kepulauan, oleh karena itu harus bisa menyesuaikan dengan kondisi wilayah ini.

"Ditempatkan di daerah mana saja, dalam kondisi apa saja, saudara harus mampu bertahan hidup di situ, karena pekerjaan ini mulia," tandas Sapteno.

Lebih lanjut dia mengaku, Unpatti masih banyak membutuhkan bantuan dalam rangka mengembangkan Fakultas Kedokteran.(*)

Read 207 times

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

INFO BMKG

Info Cuaca dan gelombang 13 Desember -15 Desember 2017
 

 

INFO GEMPA



 

 
INF BMKG-BPBD-STAKEHOLDER
Top