Berita Lowongan Kerja Terbaru
Kepala Bappeda: Maluku punya Delapan Prioritas Pembangunan

AMBON - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku Anthonius Sihaloho menyebutkan membangunnya Provinsi Maluku harus punya prioritas dalam membangun daerah ini.

"Mengingat wilayah Maluku merupakan wilayah kepulauan, dan dana kita terbatas, padahal kebutuhannya banyak, maka harus ada prioritas dalam membangun," ujarnya kepada pers di Ambon, Senin (17/7).

Dia menyebutkan, ada delapan prioritas pembangunan di Maluku.
Mulai dari prioritas pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur, percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran.

Kemudian, lanjut Sihaloho, ada peningkatan iklim investasi dan pengembangan usaha agar investor bisa masuk ke Maluku. Karena dengan adanya investasi bisa menciptakan lapangan kerja, otomatis akan mengurangi pengangguran dan pada hilirnya dapat mengurangi kemiskinan.

Selanjutnya, sebut Sihaloho, prioritas peningkatan ketahanan pangan, baik pangan strategis maupun pangan non strategis atau pangan lokal. Kemudian penataan ruang atau pembangunan daerah tertinggal dan peningkatan reformasi birokrasi.

"Artinya tahun lalu kita mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), tahun ini juga kita mendapat predikat yang sama," tandasnya.

Kemudian dari delapan prioritas daerah itu, menurut Sihaloho, ada tiga sektor unggulan dari Pemerintah Daerah atau Gubernur Maluku Said Assagaff.

"Pertama kita fokus pada pendidikan. Ini adalah modal utama pembangunan. Dengan pendidikan yang berkualitas, kita akan mempunyai daya saing. Yang kedua, kesehatan. Yang ketiga fokus kita ialah pariwisata," tuturnya.

Kenapa pariwisata? Karena sektor ini, kata Sihaloho, cepat memberikan devisa untuk pendapatan daerah, dan cepat untuk menciptakan lapangan kerja.

Dia lantas mengungkapkan, ada sekitar 450 lokasi pariwisata di Maluku. Tapi yang dikembangkan, sekitar 15 lokasi pariwisata.

Sejumlah lokasi dari 15 lokasi yang dikembangkan itu, menurut Sihaloho antara lain: Banda dan Ora di Maluku Tengah. Sejumlah Pantai Namalatu, Pantai Natsepa dan Pantai Liang di Pulau Ambon.

Pasir Panjang dan Pulai Bair di Maluku Tenggara. Kemudian Air Babunyi di Buru Selatan. Di Seram Bagian Timur ada Danau Soleh. Lalu di Maluku Tenggara Barat ada Pulau Matakus, di Maluku Barat Daya ada lokasi Gunung Kerbau. Seram Bagian Barat ada Pulau Osi.

"Salah satu dari obyek wisata tersebut, yaitu kawasan pariwisata Banda, kita usulkan menjadi kawasan destinasi nasional," terangnya.

Destinasi nasional ini, menurut Sihaloho, ada 10 di Indonesia. "Banda sementara kita proses untuk menjadi salah satu destinasi nasional tersebut," tandasnya.(*)

Read 75 times

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

INFO BMKG

Info Cuaca dan gelombang 21-23 JUNI 2017
 

FILE PERAKIRAAN CUACA 21-23 JUNI (PDF)

FILE PROSPEK CUACA 21-23 JUNII (PDF)


Info Gempa Mag:4.8 SR, 20 JUNI 2017 Pukul 20:41:25: WIT, Lokasi:6.09 LS-130.62 BT (169 Km Baratlaut Larat-MTB, 191 Km Tenggara Banda-MALTENG), Kedalaman 123 Km

 
INF BMKG-BPBD-STAKEHOLDER
Top