Berita Lowongan Kerja Terbaru
Gubernur Harap Maluku Raih Ranking Teratas Indeks Kerukunan

AMBON - Gubernur Maluku Said Assagaff mengaku bangga, data survei Kementerian Agama RI, menempatkan Provinsi Maluku berada pada posisi ketiga, Indeks Kerukunan Umat Beragama di Indonesia selama kurun waktu 2016. Namun dia berharap survei berikutnya, Maluku bisa menempati ranking pertama.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Assagaff, saat acara Buka Puasa Bersama dengan Masyarakat Hitulama dan Hitumesseng, di Masjid Raya Hitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (19/6).

Survei yang dimaksud Gubernur ini, yaitu survei yang dilakukan Puslitbang Kehidupan Keagamaan Kementerian Agama, yang dilakukan menggunakan tiga indikator penilaian untuk mengukur indeks kerukunan beragama di Indonesia. Tiga indikator tersebut ialah toleransi, kesetaraan dan kerjasama.

"Seiring dengan success story yang sudah kita capai bersama dewasa ini, beta berharap Jazirah Leihitu yang dikenal dalam sejarah sebagai daerah yang punya tingkat peradaban yang cukup tinggi di Maluku, untuk bertransformasi," ujar Assagaff.

Dia katakan, dengan posisinya yang strategis di Kabupaten Maluku Tengah serta Kota Ambon, baik secara sosial, ekonomi dan politik, sudah saatnya bertransformasi menjadi Jazirah Leihitu yang aman dan damai, atau rumah yang aman untuk semua anak negeri.

Assagaff juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah ini, untuk belajar saling memahami, saling mempercayai, saling menghormati, saling mencintai, saling berbagi, saling menopang, dan saling membanggakan.

"Sebagaimana petuah suci orang Maluku, 'potong di kuku rasa di daging, ale rasa beta rasa, dan sagu salempang dibagi dua," tuturnya.

Assagaff yakin, dengan kualitas beragama seperti ini, umat beragama di daerah ini tidak menjadi beban atau sumber masalah kepada orang lain, tapi menjadi sumber rahmat dan pencerah kepada sesama.

Inilah kualitas beragama, yang disebut Assagaff, perlu terus dikembangkan, dalam rangka mewujudkan "Pembangunan Maluku yang Rukun, Damai, Aman, Sejahtera, Adil, Bedaya Saing, dan Religius Dijiwai Semangat Siwalima Berbasis Kepulauan secara Berkelanjutan".

Sementara menyinggung tentang momentum buka puasa bersama tersebut, Assagaff mengajak seluruh Muslimin dan Muslimah di daerah ini, untuk menjalankan ibadah puasa ini dengan sebaik-baiknya.

"Agar kita dapat memaknai hikmah puasa ini, dalam rangka pembentukan karakter diri dan keadaban bangsa ini," tandasnya.

Sebab ibadah puasa, menurut Assagaff, merupakan momentum yang sangat tepat untuk kita melakukan introspeksi diri dan berefleksi atau ber-muhasabah.

Atau dengan kata lain, lanjut Assagaff, melalui latihan ibadah puasa di bulan suci Ramadan ini, kita semua bisa "kalesang" diri, agar terjadi perubahan pola pikir dan karakter.

"Perubahan karakter dari budaya bakalae ke budaya baku bae, dari budaya baku marah ke budaya baku sayang, dari budaya talamburang ke budaya kalesang, dari budaya makang puji dan tinggi diri ke budaya rendah hati, dari budaya baku malawang ke budaya diskusi atau bacarita, dari budaya kewel ke budaya baca tulis dan budaya kerja, dari budaya ambtenaar ke budaya wirausaha, dari budaya manggurebe ke budaya bakukele, dari budaya takisu ke budaya percaya diri, dari budaya sopi ke kopi, dari budaya parlente alias abuleke ke budaya jujur, dan seterusnya," papar Assagaff.

Maka sejatinya, puasa yang kita laksanakan, dinilai Assagaff, bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban, tetapi seharusnya puasa bermakna untuk pembentukan pribadi yang memiliki kualitas hidup yang terbaik.

"Dalam spirit ini, saya mengajak umat beragama di daerah ini, untuk meningkatkan kualitas kerukunan antar umat beragama, sebagaimana upaya kita bersama, untuk mengembangkan Maluku sebagai laboratorium kerukunan umat beragama terbaik di Indonesia," imbaunya.(*)

-Foto:Humas Pemprov Maluku

Read 193 times

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

INFO BMKG

Info Cuaca dan gelombang 21-23 JUNI 2017
 

FILE PERAKIRAAN CUACA 21-23 JUNI (PDF)

FILE PROSPEK CUACA 21-23 JUNII (PDF)


Info Gempa Mag:4.8 SR, 20 JUNI 2017 Pukul 20:41:25: WIT, Lokasi:6.09 LS-130.62 BT (169 Km Baratlaut Larat-MTB, 191 Km Tenggara Banda-MALTENG), Kedalaman 123 Km

 
INF BMKG-BPBD-STAKEHOLDER
Top