Berita Lowongan Kerja Terbaru
Pertumbuhan Ekonomi Maluku Di Atas Angka Nasional


AMBON - Gubernur Maluku Said Assagaff menyatakan, tingkat pertumbuhan ekonomi Provinsi Maluku selama tahun 2016 mencapai 5,76 persen dan berada di atas angka rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

Pernyataan Gubernur Assagaff tersebut disampaikannya pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Maluku, dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban ( LKPJ) Gubernur tahun 2016, dipimpin Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae, di gedung dewan, kawasan Karpan Ambon, Jumat (2/6/2017).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Maluku pada 2016, juga lebih tinggi dari tahun 2015, yang hanya berada pada angka 5,44 persen.

"Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara utuh, adil, dan merata di seluruh pelosok wilayah Maluku, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) intensif mengupayakan penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran yang dilaksanakan dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat," terangnya.

Upaya ini juga, disebut Assagaff, telah memberikan dampak terhadap menurunnya tingkat kemiskinan pada September 2016 yang mencapai 19,26 persen dibanding posisi yang sama 2015 mencapai 19,36 persen.

Dia katakan, dampak positif juga terlihat pada penurunan tingkat pengangguran terbuka yang menurun menjadi 7,05 persen pada posisi Agustus 2016 dibanding periode yang sama 2015 sebesar 9,93 persen.

Penurunan angka kemiskinan penduduk serta pengangguran terbuka ini, disebut Assagaff, tidak terlepas dari meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

Namun menurutnya, masih ada faktor lain yang secara global bisa membawa pengaruh terhadap tingkat kemiskinan penduduk. Hampir setiap tahun kita menyiapkan anggaran untuk program pemberdayaan masyarakat, tetapi terkadang ada regulasi yang membuat angka kemiskinan tidak bisa menurun dengan cepat, termasuk kenaikan harga barang yang di Maluku sangat terasa.

"Saya optimis dengan ketersediaan sumber daya alam seperti gas Blok Masela yang bila dikelola maksimal, maka dalam rentang waktu sepuluh tahun ke depan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku," harapnya.(*)

Read 377 times Last modified on Sunday, 11 June 2017 18:03

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

INFO BMKG

Info Cuaca dan gelombang 13 Desember -15 Desember 2017
 

 

INFO GEMPA



 

 
INF BMKG-BPBD-STAKEHOLDER
Top