Berita Lowongan Kerja Terbaru
Assagaff: Pertarungan Politik Jangan Hancurkan Persaudaraan

AMBON - Gubernur Maluku Said Assagaff mengingatkan jangan gara-gara pertarungan di ranah politik untuk saling merebut kekuasaan, lalu kita rela menghancurkan persaudaraan dan menimbulkan “pandarahan” di ranah atau domain sosial keagamaan.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Assagaff sesaat setelah melantik tiga pasangan Bupati - Wakil Bupati masing-masing Kabupaten Buru Ramly Umasugi-Amos Besan, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Yasin Payapo - Sustinus Akerina, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Petrus Fatloan - Agustinus Utuwaly, serta pasangan Walikota - Wakil Walikota Ambon Richard Louhenapessy - Syarif Hadler, di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (22/5).

"Katong samua harus benar-benar menjadikan Pilkada yang sudah lewat maupun yang akan datang sebagai instrumen demokrasi untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat," tandasnya.

Dia katakan, sangatlah naif jika jargon demokrasi itu vox populi vox dei, suara rakyat adalah suara Tuhan, maka apa artinya Pilkada itu kita laksanakan dengan cara menghancurkan kemaslahatan dan keadaban masyarakat yang dirawat selama ini.

Untuk itu, dia mengajak agar moment Pilkada secara serempak yang telah lewat serta pelantikan serempak secara nasioal pada hari ini sebagai entry point dan bahan pembelajaran bersama untuk memperbaiki kualitas berdemokrasi kita menuju pelaksanaan Pilkada Serentak Nasional dan Pelantikan Serentak Nasional Gubernur/Bupati/ Walikota pada tahun 2024 nanti.

"Dalam spirit seperti itu, maka momen pelantikan hari ini saya minta dirancang khusus, agar supaya jangan hanya disaksikan oleh para pejabat tinggi, tetapi dapat disaksikan oleh masyarakat luas, terlebih oleh warga masyarakat dari SBB, Buru, MTB dan tentu saja warga Kota Ambon," ujarnya.

Assagaff berharap moment pelantikan ini, juga bisa menjadi media perjumpaan rekonsiliasi sesama orang basudara yang selama Pilkada mungkin antara satu dengan yang lain tersinggung atau sakit hati karena berbeda pilihan.

Dia menyebut, beda pilihan itu biasa, jangan karena beda pilihan lalu kita pecah kongsi antara adik dengan kakak, istri dengan suami, menantu dengan mertua, tetangga dengan tetangga, teman degan sahabat dan sebagainya.

"Saatnya katong samua bakukele dan terima para Bupati/Wakil Bupati serta Walikota/Wakil Walikota yang ada sebagai pemimpin katong samua. Sekarang ini su seng ada Paparissa di kota Ambon, su seng ada Yakin di SBB, su seng Rama di Buru, dan seng Fatwa MTB, karena mereka yang sebelumnya memakai inisial-inisial tersebut telah dilahirkan oleh Pilkada sebagai pemimpin untuk basudara samua," tegasnya.

Menutut Assagaff, Kabupaten SBB, Buru, MTB dan Kota Ambon selama beberapa bulan terakhir dipimpin oleh Penjabat Bupati. Konstitusi negara kita mengatur bahwa pengambilan keputusan strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, harus berada di tangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Defenitif, sebab hal tersebut berkaitan dengan aspek yuridis material, kebijakan politik tetapi juga legitimasi kepemimpinannya di daerah.

"Kita bersyukur bahwa Pilkada telah menghasilkan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Defenitif. Oleh sebab itu, saya patut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran KPU dan BAWASLU serta PANWASLU pada Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang telah bekerja dengan baik," katanya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran eksekutif, legislatif dan yudikatif, serta aparat keamanan dan seluruh elemen masyarakat di ke-4 kabupaten/kota, yang tetap konsisten bekerja membangun dan membesarkan daerahnya, dengan kepemimpinan seorang Penjabat Bupati/Walikota.(*)

Read 39 times Last modified on Sunday, 11 June 2017 16:28

About

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku

Jl. Dr. Latumeten, Perigi Lima - Ambon

No.Telp/Fax :0911 – 342460

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

           
 

INFO BMKG

Info Cuaca dan gelombang 21-23 JUNI 2017
 

FILE PERAKIRAAN CUACA 21-23 JUNI (PDF)

FILE PROSPEK CUACA 21-23 JUNII (PDF)


Info Gempa Mag:4.8 SR, 20 JUNI 2017 Pukul 20:41:25: WIT, Lokasi:6.09 LS-130.62 BT (169 Km Baratlaut Larat-MTB, 191 Km Tenggara Banda-MALTENG), Kedalaman 123 Km

 
INF BMKG-BPBD-STAKEHOLDER
Top